Wednesday, July 12, 2017

Mainan Tempoe Doeloe | AGUSTUSAN special edition!



Wah, nggak kerasa ya bentar lagi kita akan memasuki bulan agustus. Nah, kalo Agustus berarti saatnya AGUSTUSAN! Akan ada banyak sekali perayaan-perayaan di setiap daerah, kota, kampung, desa, sekolah, kampus maupun tempat lainnya untuk memperingati bulan kemerdekaan dan pastinya sebagian dari kita sangat menanti bulan Agustus ini. 

Apa sih ciri khas dari agustusan? Kalau idul fitri pasti yang keluar pertama kali dalam benak kita adalah ketupat (YA KAN??), sedangkan hari Natal pasti identik dengan pohon natal. Nah kalau kamu memikirkan tentang agustusan, yang keluar pertama kali apa? kalau aku sih yang pasti keluar pertama kali adalaaahh...

 LOMBA AGUSTUSAAN! YEAY!!

Ya! Lomba agustusan ini yang paling digemari dari setiap kalangan di saat kita memperingati bulan kemerdekaan ini. Percaya nggak percaya, agustusan membuat kita flashback ke masa-masa kecil kita dimana kita sangat antusias mengikuti semua perlombaan yang ada. Apa aja sih perlombaan yang WAJIB ADA saat agustusan?

1. Lomba Bakiak



Pernah nggak kalian lihat iklan yang sangat identik dengan slogannya "Ijo..Ijo..Ijo.."? YAP! setelah iklan terebut membekas dan terngiang-ngiang di dalam benak pemirsa Indonesia, pada setiap agustusan akan selalu kita temukan lomba balapan bakiak ini. Hampir semua kalangan dapat memainkan permainan yang seru ini; Bapak-bapak, ibu-ibu, bahkan anak-anak sangat menggemarinya.

Bakiak panjang atau yang sering disebut terompa galuak di Sumatera Barat adalah terompah deret dari papan bertali karet yang panjang. Sepasang bakiak ini minimal memiliki tiga pasang sandal atau dimainkan tiga orang.

Jika dilihat lebih dalam, makna dari permainan bakiak ini sangatlah positif. Salah satunya adalah untuk melatih kekompakan antar personil, belajar untuk bersabar dan berjalan bersama dalam satu sepatu. Disini kita belajar lebih peka satu sama lain. Karena bakiak ini panjang kerjasama ialah kunci utama untuk dapat memenangkan permainan ini.

Nah, Bagi teman-teman yang ingin memainkan permainan ini tapi bingung karena nggak punya bakiaknya, jangan khawatir! Pusat Playground Murah juga sudah menyiapkan lho papan permainan bakiak ini! Kami telah menyiapkan edisi khusus AGUSTUSAN!

Nggak perlu ragu, karena kami merupakan Pusat Playground Murah yang pasti membuatnya dari bahan terbaik agar tidak mudah patah ataupun lepas. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai macam pilihan warna. Jadi bakiak punya kamu akan berbeda dengan bakiak-bakiak lainnya. Wah,  tunggu apa lagi? yuk segera pesan sebelum kehabisan stok! :)





2. Lomba Makan Kerupuk




Nah, makan kerupuk ini adalah perlombaan yang masuk dalam daftar permainan wajib dimainkan. Lomba makan kerupuk diadakan untuk memperingati tentang perjuangan warga Indonesia saat masa penjajahan. Saat itu, kerupuk menjadi salah satu makanan yang menjadi menu utama bagi warga Indonesia.

Pada masa penjajahan, untuk mendapatkan makanan sangat sulit. Oleh karena itu, warga Indonesia hanya mampu untuk makan seadanya, berupa nasi dan kerupuk. Jadi, untuk mengingat perjuangan semua warga Indonesia saat masa penjajaha, hingga kini sering diadakan lomba makan kerupuk.

Manfaat utama dari lomba makan kerupuk yaitu untuk dapat mengerti arti dari bersyukur. 

Untuk perlombaan, kerupuk biasanya diikat menggantung menggunakan tali rafia pada tongkat kayu / bambu. Panjang tali disesuaikan dengan tunggi peserta, agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

3. Lomba Balap Karung




Balap karung merupakan salah satu lomba tradisional yang populer dimainkan pula pada saat hari kemerdekaan Indonesia. Balap karung ini bermula pada saat penjajahan yang sebagian besar rakyatnya mengalami penderitaan yang sangat berat. Bahkan pakaian diambil oleh kaum penjajah. Yang tertinggal hanyalah plastik, karet, dan karung. Mau tidak mau, rakyat hanya mengenakan pakaian yang berasal dari karung goni. Kain yang berserat kasar tersebut meninmbulkan gatal-gatal di kulit sehingga saat tibanya kemerdekaan disambut rakyat dengan berpakaian rakyat kembali.  Sebagai bentuk pelampiasan kekesalan terhadap penggunaan kain berbahan karung, maka rakyat menginjak-injak karung.

Namun, makna lain dari balap karung ini ialah betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung. Terkadang bisa saja terjembab. Hal itu pula yang menyulitkan kemajuan bangsa Indonesia dalam kungkungan penjajah..


Nah, itu tadi sekilas informasi tentang Mainan tempoe doloe yang paling Pusat Playground Murah gemari dan mainkan pada saat memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Kalo kamu? mainan apa yang kamu paling sukai??


Yuk, jangn lupa untuk tetap mengingat budaya kita yang menjadi ciri khas dari bangsa Indinesia. Kita sudah merdeka, jangan biarkan ada "penjajah-penjajah" yang membuat kita tidak merdeka! Salam, Merdeka!!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelian maupun pertanyaan, bisa langsung saja mengunjungi showroom kami di:

RUNGKUT MAPAN UTARA FA-01, Supermarket Yakaya Lantai 2

atau bisa juga langsung menghubungi kami di:
office: (031) 87854126
Telp: 0812.2897.9789
WA atau LINE: 0896.8352.2033

Kunjungi sosial media kami agar tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai produk kami yaa


Kunjungi website kami untuk penawaran harga terbaik!!


*kami menjual berbagai macam mainan edukasi anak yangs angat mudah dan aman untuk anak-anak juga lho! yuk, intip!

No comments:

Post a Comment